Pada
pertemuan kali ini, saya akan membahas tentang Software pada pembelajaran
Rekayasa perangkat lunak. dalam pembahasan kali ini, saya akan membahas tentang
:
- Pengertian beserta Sifat-sifat pada
Software
- Karakteristik Software
- Macam-macam Aplikasi Software
pertama-tama, kita harus
mengetahui dulu pengertian dari software.
Software
adalah Kumpulan objek.item yang membentuk konfigurasi yang terdiri dari
Program-Program data dan dokumen.
Software
memiliki beberapa sifat yang perlu diketahui, seperti :
- Tidak diproduksi massal,
- Dipakai dalam waktu lama,
- Memiliki masa pemakaian,
- Bersifat complex,
- Selalu berbeda-beda.
karakteristik
software,
yaitu :
-
Software is engineered
Software tidak diproduksi secara massal dan untuk membuat
software, harus melakukan pengukuran sesuai dengan kebutuhan.
-
Software doesn't wear out
Software tidak lapuk dan dapat dibuat untuk jangka waktu
yang panjang.
- Software is like an aging factory
Software seperti pabrik yang menua, kusam / tidak sesuai
lagi, maksudnya tersebut dapat terjadi jika ada perubahan data, misalnya :
peningkatan produksi.
- Software is complex
Software adalah sesuatu yang kompleks, karena banyak hal
yang harus diperhatikan untuk membuat atau mendesign suatu software.
- Software is a "differentiator"
Software adalah "pembeda".
Keunggulan-keunggulan yang membedakan setiap software yang satu dengan software
yang lainnya menjadi ciri istimewa dari seorang pebisnis.
Macam-macam
Aplikasi Software
:
1.
System Software adalah software yang berguna untuk melayani software lain. cth:
WinRar dan WinZip
2.
Real-time Software adalah Software yang melakukan olah data berdasarkan waktu.
cth: Atm
3.
Business Software adalah Software untuk keperluan bisnis
4.
Engineering/scientific Software adalah Software untuk ukur-ukur, pengetahuan,
keperluan teknis.
5.
Embedded Software adalah Software yang dimasukkan ke dalam perangkat keras.
6.
PC Software adalah Software untuk kebutuhan personal komputer seperti mp3
player, photoshop, dll.
7.
AI Software adalah Software untuk memprediksi
8.
Web Application adalah Aplikasi berbasis web. cth : klik BCA
Setelah
penjelasan diatas, kami pun diberikan sebuah permainan. dimana setiap mahasiswa
mengambil sebuah kertas kecil. Kertas itu berisikan tulisan 2 buah materi yang
didalamnya harus digabungkan untuk mendapatkan sebuah benda yang dapat berguna
bagi orang lain. tetapi, materi dan benda yang kami ingin buat tidak boleh
diketahui oleh teman-teman. Setelah itu kami diberikan arahan lagi untuk
mencari pasangan, setalah itu setiap pasangan harus bertanya jawab dan menebak
materi dan benda yang kami buat. Tetapi untuk permainan berpasangan ini,
memiliki syarat, dimana pasangan yang menjawab hanya boleh menjawab "Ya /
Tidak". setlah permainan usai, kami dijelaskan lagi tentang sebuah
simulasi yang hampir sama dengan permainan ini, yaitu simulasi tentang seorang
customer yang memesan sebuah ayunan, yang dari hasil pemesanan, stiap orang
yang mengerjakan pesanan itu tidak pernah sama. itu membuktikan bahwa pemikiran
customer dan pemikiran yang mengerjakan pesanan tersebut tidak akan sama selama
pesanan yang disampaikan tidak disalurkan dengan tepat, tidak secara detail
dijelaskan. sehingga terjadi banyak kesalahan pada setiap pemesanan.
oh
iya, sebelum mengakhiri pembahasan kali ini, saya akan menampilkan "Linier
Sequntial Model / Waterfall Model", dimana software Processnya :
*
System Engineering
*
Requirements Analysis
*
Design
*
Construction
*
Testing
*
Installation
*
Maintenance
sekian
dulu pembahasan untuk hari ini. tunggu untuk pembahasan selanjutnya yah ^^
Sama"
BalasHapusThx sdh membaca artikel ini :D