Kamis, 11 Oktober 2012


^^ BINGO !!! ^^

Dari penjelasan yang sebelumnya tentang sistem, kali ini saya akan membahas mengenai Sistem Informasi. dimana pada pelajaran Analisis sistem informasi, kita diberikan sebuah permainan. permainan itu adalah BINGO !!^^, dimana BiNGo tersebut 5x5 yang berisikan istilah-istilah yang berkaitan dengan bahasan sistem informasi. Dimana untuk melingkari stiap istilah, kita harus mendengar tentang istilah yang kami dengar lalu menuliskannya dibawah kotak BINGO tersebut. oh iya, didalam stiap kotak tersebut, tidak semuanya adalah istilah, ada juga kotak yang tidak berisikan apa-apa(kosong), ada kotak yang berisikan "?" yang dapat dilingkari jika kita memberikan pertanyaan atau dapat menjawab pertanyaan yang diajukan dan ada juga kotak yang berisikan kata "BINGO" dimana kita mendapatkan bonus untuk dapat langgsung dilingkari di kotak tersebut.

mau tau apa-apa saja istilah-istilah tersebut?
untuk tidak memperpanjang basa basi lagi, saya langsung aja deh memberitahukan istilah-istilah tersebut pada kalian semua yang membaca blog ini :p.

(*) Pertama adalah "Sistem Informasi".
Apa itu sistem informasi? Sistem informasi adalah suatu kumpulan dari komponen-komponen dalam perusahaan / organisasi yang berhubungan dengan proses pengumpulan, penyimpanan, pengolahan, dan distribusi informasi untuk mendukung pengambilan keputusan,analisis, pengendalian, dan visualisasi dalam organisasi.
 
Sistem Informasi terdiri dari Data, Information, dan Knowledge.
  • Data yaitu kumpulan fakta-fakta (fakta dasar) yang merepresentasikan nilai, kuantitas, konsep, dan jumlah dalam kegiatan bisnis. Data akan bermanfaat jika dapat menghasilkan suatu informasi yang berguna.
  • Information adalah kumpulan data (fakta) yang telah diolah / diproses dan disimpulkan sehingga menghasilkan fakta yang memiliki nilai tambah.
  • Knowledge yaitu dapat memahami informasi yang diperoleh dari pengalaman / studi dan menghasilkan kemampuan untuk melakukan kegiatan yang efektif dan efisien.
(*) Yang ke2 adalah mengenai "Information System Model (Model Sistem Informasi)".
IS Model terdiri dari :
  • Data Resouces 
yang membahas tentang bagaimana suatu sumber data dihimpun, diformat, disimpan, dan dientri sehingga dapat mengetahui apa saja yang dapat dihasilkan.
  • Hardware Resources
tentang apa-apa saja teknik pemasukan data yang didukung oleh Hardware (perangkat keras).
  • Software Resources
yaitu Sub sistem perangkat lunak yang memungkinkan sebuah komputer bisa bekerja dengan program yang ada untuk mengolah data sehingga bisa menghasilkan informasi.
  • People Resources
Dimana berkaitan dengan kemampuan orang/ pengguna / user untuk mengoperasikan Software dan Hardware.
  • Network Resources
yang berkaitan dengan jaringan komputer, media komunikasi, dan dukungan jaringan untuk distribusi informasi yang berbasis web.

 
Dalam IS Model terdapat juga beberapa kegiatan seperti:   
 
#Input  
#Processing  
#Output  
#Sistem Control 
#Storage
 
(*) Yang ke3 adalah istlah-istilah terakhir yang akan saya jelaskan dimana berkaitan dengan Manajemen Level seperti:
  • Level Operasional (Low Management) : Menerima data kemudian diolah. Pada level ini semuanya berhubungan pencatatan traksaksi, aktivitas harian staf, dan dukungan produksi.
  • Level Taktis (Middle Management) : Mendapatkan informasi dari level Operasional, yang memiliki kebijakan-kebijakan dalam mendukung tujuan jangka pendek dam aplikasi resouce.
  • Level Strategis (Top Management) : Informasi dari level Taktis akan dijadikan knowledge / pengetahuan untuk menghasilkan strategi-strategi yang mendukung tujuan jangka panjang organisasi.
Setelah Istilah-istilah tersebut sudah dijelaskan. Semuanya istilah-istilah dapat dilingkari dan setiap istilah atau kotak-kotak yang sudah dilingkari dan berderet empat dapat di garis(BINGO).

Nah, pembahasan kali ini cukup sampai disini dulu yah ^^. pada kesempatan berikutnya saya akan membahas pembahasan yang lain-lainnya yang akan menambah pengetahuan teman-teman^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar