Senin, 21 Januari 2013

Rekayasa Perangkat Lunak (RLP) The Last

Post ini tidak jauh berbeda dengan post sebelumnya yang berjudul “Analisis Sistem Informasi (ASI) The Last" karena post kali ini juga adalah post terakhir dari pembelajaranku selama mengikuti perkuliahan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Pada post ini berisikan tanggapanku selama mengikuti perkulihan ini

Selama saya mengikuti perkuliahan ini, saya menyimpulkan bahwa pembelajaran ASI dan RPL tidak jauh beda sehingga dapat dikatakan cara pengajarannya pun hamper sama. Tetapi yang membedakannya adalah pada ASI, tugas yang diberikan perkelompok itu sama. Lain hal dengan RPL, tugasnya perkelompok tetapi setiap kelompok memiliki contoh kasus yang berbeda. Nah disinilah ada perbedaan yang menonjol, dapat dikatakan dalam mata kuliah RPL kami lebih banyak mempelajari banyak kasus, sehingga kami dapat lebih banyak mengerti. Bukan hanya kasus yang kami kerjakan di dalam kelompok saja yang dapat kami ketahui, tetapi dari kelompok lain dapat kami ketahui dan kami pun dapat belajar membedakan dan melihat sisi positif atau masukan untuk kasus kami ini.

Oh iya, di RPL juga kami diberikan tugas UTS, tugas ini berupa sebuah aplikasi game tentang bagaimana cara kita untuk mengatur kekompakan dalam 1 tim untuk menyelesaikan sebuah pembuatan software dari keinginan customernya. Permainan ini bernama SimSE, pada permainan ini saya memainkan Rapid Prototyping, incremental, dan waterfall. Nah, disinilah kami dapat belajar bagaimana cara agar kami mendapat score tertinggi untuk mencapai score yang diinginkan yang menggambarkan kesuksesan dalam mengompakkan tim dalam pembuatan software.

Dari awal perkulihan hingga akhir, dari setiap pembelajaran, yang saya rasa masih kurang pada bagian user interface, Mungkin dikarenakan waktu yang kurang memungkinkan sehingga pemahaman tentang user interface ini pun kurang dimengerti dengan jelas. Dari segi pembelajaran saya sudah banyak mengerti dari setiap kasus-kasus yang diberikan karena bukan hanya mempelajari kasus pada kelompok sendiri tapi dapat juga mempelajari kasus pada kelompok yang lain. Banyaknya inovasi dan cara-cara pengajaran yang beraneka ragam pun sangat membantu kami untuk dapat fokus dapat dapat mengerti bahkan membuat kita lebih aktif dari biasanya. 

Nah, mungkin ini saja tanggapan saya selama perkuliahan RPL, semoga kedepannya proses pembelajarannya lebih baik lagi dan tetap pertahankan inovasi dan keanekaragaman dalam cara mengajar. Sekian dan terima kasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar